Minggu, 04 September 2016

Singkong Gajah di Sulawesi Tenggara


SULTRAKINI.COM: KENDARI  Jumat, 29 Januari 2016 10:59

- Bank Sultra menginisiasi perkembangan usaha pertanian berbasis singkong gajah. Hal ini sebagai upaya meningkatkan produktivitas usaha kecil dan menengah di Sulawesi Tenggara yang belum signifikan. 
Terlihat dari data Bank Indonesia bahwa kredit usaha produktif tahun 2015 dikalahkan oleh kredit konsumtif yang mencapai 61,9 persen.

Bank Sultra pun menjamin prospek pasar dari produksi pertanian singkong gajah yang saat ini dikembangkan di Kecamatan Sabilakoa, Kabupaten Konawe Selatan, melalui kemitraan dengan perusahaan jamu terkenal PT Sidomuncul.

Direktur Pemasaran Bank Sultra, Depid, menjelaskan pada langkah ini merupakan pilot projek untuk penciptaan UMKM berbasis pertanian di Sultra.

"Di 2016 ini, kami fokus  mengembangkan meningkatkan potensi kredit produktif, namun tidak dilakukan dengan langsung memberikan dana kredit secara langsung kepada masyarakat melainkan melalui peningkatan usaha yang digagas bersama," kata Depid kepada SultraKini.com, Kamis, (28/01/2016).

Menurutnya, untuk melaksanakan program usaha pertanian berbasis singkong gajah tersebut, Bank Sultra telah lebih dahulu melakukan kajian untuk melihat komoditas yang sesuai serta prospek pasarnya.

Untuk selanjutnya, program tersebut akan dilaksanakan oleh masyarakat dengan dampingan serta dukungan Bank Sultra, melalui pemberian kredit pada kelompok usaha petani yang terlibat.

"Jadi kami tidak memberikan kredit secara langsung seperti pada umumnya, namun dalam bentuk dukungan pada peningkatan usaha pertanian, misalnya pupuk atau peralatan," jelasnya.

Dijelaskannya juga, setelah usaha ini berjalan, maka hasilnya akan langsung dibeli oleh PT Sidomuncul yang telah melakukan MoU dengan Bank Sultra.

"PT Sidomuncul akan membeli berapa pun hasilnya, dengan harga minimum sebesar Rp700 per kilogram. Jadi kelompok usaha tani yang terlibat tak perlu ragu lagi dengan prospek pasar, karna Bank Sultra telah menjamin itu," tambahnya.

Untuk melaksanakan program ini, Bank Sultra tengah menyiapkan lahan seluas 50 Hektar untuk dijadikan percontohan pengembangan usaha pertanian singkong gajah di Sultra.

"Saat ini tahapannya sudah pada penyiapan lahan. Target 2016, program inj sudah bisa dilaksanakan, untuk selanjutnya jika berhasil maka akan dikembangkan ke daerah lain di Sultra," tutupnya.

Editor: M Djufri Rachim

Sumber : http://ww1.sultrakini.com/keuangan/bank-sultra-biayai-singkong-gajah-270.html