Minggu, 27 September 2015

Singkong Gajah DR

23 Mei 2014 - Jokowi dan Prof.Dr.Ristono, MS (Penemu Varietas Singkong Gajah DR)

Sabtu, 24 Mei 2014, 07:55

VIVAnews - Usai mengukuhkan barisan relawan Projo, Jumat sore, 23 Mei 2014, calon presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk mendengarkan keluh kesah seorang petani singkong gajah. Petani yang belakangan diketahui bernama Prof. Ristono itu memanfaatkan momentum kunjungan Jokowi, sapaan calon presiden dari PDI Perjuangan itu, untuk menyampaikan aspirasinya. Dia ingin Jokowi, jika menang dalam pertarungan Pemilihan Presiden 9 Juli nanti, bisa memperhatikan kondisi para petani singkong gajah di wilayah Kalimantan Timur.Selama ini, kata dia, pemerintah tidak memperhatikan para petani singkong gajah. Ristono merupakan penemu varietas singkong gajah. Selain itu pemerintah tidak mematenkan singkong gajah. "Para petani khawatir singkong gajah akan diklaim negara lain, seperti Malaysia dan Singapura yang belakangan mulai melirik singkong gajah," kata Ristono.
Sementara itu, Jokowi menilai singkong gajah memiliki makna tersendiri baginya. "Singkong ini adalah salah satu makanan favorit saya semasa kecil," kata Jokowi.
Oleh sebab itu, Jokowi berjanji, jika dipercaya menjadi presiden dalam pilpres nanti, akan segera mematenkan singkong gajah sebagai umbi asli Indonesia temuan anak bangsa. (ren)
(tvOne/Iqbal Abdullah)
© VIVA.co.id
http://politik.news.viva.co.id/news/read/506940-singkong-gajah-dijanjikan-akan-dipatenkan